Pria Dengan Bentuk Wajah Lebar Tidak Bisa Dipercaya

Hasil penelitian yang diadakan tim psikolog dari Universitas St Andrews, Inggris, belum lama ini menunjukkan, pria dengan bentuk wajah lebar memiliki karakter tidak bisa diandalkan atau tidak dapat dipercaya. Sebagai gambaran, pria seperti David Tennant lebih bisa dipercaya daripada juri American Idol Simon Cowell.
Penelitian ini melibatkan sejumlah pria untuk mengikuti gim komputer dengan tujuan mendapatkan uang. Permainan ini memberikan ruang bagi pesertanya untuk saling mempercayai partisipan atau bahkan mengeksploitasi rekannya.

Ketika permainan tersebut akan dimulai, setiap peserta ditunjukkan foto wajah tanpa ekspresi partisipan lain. Setiap peserta harus memilih partisipan mana (berdasarkan foto tersebut) untuk kemudian dijadikan rekan yang dipercaya menggunakan uang atau tidak. Tujuan akhirnya adalah mengejar sejumlah hadiah uang, dengan kerja tim.

Kepala peneliti Michael Stirrat mengatur permainan tersebut untuk menyelidiki apakah ada hubungan antara persepsi tentang kepercayaan dengan perilaku. Hasilnya, ditemukan bahwa sejumlah pria partisipan lebih percaya untuk memberikan uang kepada pria berwajah lebih tirus.

Stirrat mengatakan, pada umumnya masyarakat membuat penilaian instan kepada orang asing, apakah harus mempercayainya atau waspada terhadapnya. Penelitian terhadap sejumlah pria ini mencoba membuktikan basis atas persepsi masyarakat tersebut.

Yang perlu disimak adalah, teori evolusi seleksi seksual memprediksikan wajah pria memberikan sinyal apakah dia dominan secara fisik, dan kemungkinan mengeksploitasi. Hasil penelitian ini membuktikan pria dengan wajah lebih lebar memiliki kecenderungan mengeksploitasi kepercayaan dari orang lain, dengan tujuan mendapatkan uang untuk dirinya sendiri.

Meski begitu hasil ini tidak bisa dijadikan kesimpulan akhir, karena penelitian masih berlanjut. Menurut Stirrat hasilnya memang penting namun perlu juga dipahami bahwa tak selamanya pria berwajah lebar itu jahat. Pada jenis permainan lain, pria berwajah lebar lebih cenderung mengorbankan uangnya untuk orang lain.

Penilaian ini tak berhenti sampai di sini. Namun menurut si peneliti, fakta yang muncul adalah pria berwajah lebar punya dua kecenderungan pilihan. Pria dengan ciri fisik ini memiliki kapasitas untuk menjalani jalur kriminal dan atau aparat penegak hukum. Sederhananya: menjadi penjahat, atau polisi.



Sumber: Telegraph




Loading...

1 comments:

Dev said...

Untung wajah saya ga lebar, jadi saya bisa dipercaya..wahahahaha...

o iya kok kotak komentarnya ga bisa di klik ya?ini juga saya mau komentar harus pake tab satu2 dari atas..

Copyright © 2009 - Info Tips - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template