Penjualan Akun Face book Marak di Eropa dan AS

Para peneliti dari perusahaan keamanan internet VeriSign’s iDefense Labs, menemukan ada banyak akun Facebook curian dalam sebuah forum internet di Rusia bernama Carder.su.

Yang mengejutkan, akun-akun curian tersebut diperjualbelikan oleh seorang hacker. Berdasarkan data iDefense, ada 1,5 juta akun Facebook yang diperjualbelikan di Carder.su.

Di forum tersebut, hacker bernama Kirllos menawarkan data log in ribuan pengguna Facebook dengan harga bervariasi, bergantung hasil kesepakatan tawar menawar.

Sebagai contoh, 1.000 akun Facebook dengan jumlah teman 10 orang atau kurang ditawarkan dengan harga US$25. Sementara itu, akun dengan jumlah teman lebih dari 10 orang memiliki kisaran harga US$45.


Kasus seperti ini menandakan adanya pertumbuhan pesat penjualan akun situs jejaring sosial secara ilegal. Hal ini banyak terjadi di Eropa Timur hingga Amerika Serikat," kata Direktur iDefense Rick Howard,

Para pelaku kejahatan cyber umumnya mencuri data akun milik korban dengan teknik phishing, yaitu mengelabui pengguna dengan mengirimkan tautan tertentu agar mereka memberikan password dan detail informasi lainnya.

Selanjutnya, akun tersebut dapat dengan mudah dibajak. Hacker dapat mengirimkan spam dan program bervirus, sementara informasi personal seperti tanggal lahir, alamat rumah dan nomor telepon dimanfaatkan untuk melakukan penipuan atau pembobolan akun bank atau kartu kredit.


Loading...

0 comments:

Copyright © 2009 - Info Tips - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template